Total Tayangan Halaman

Kamis, 25 Desember 2014

Drama Agama: Si Pendendam dan Si Pemaaf

SI PENDENDAM DAN SI PEMAAF

Suatu hari, Bu Trischa, guru di SMP Negeri 2 Jombang, sedang membagikan hasil rapor kelas 8 K. Ia membagikan rapor tersebut kepada 4 orang muridnya, yakni Mirza, Nizar, Tisa, dan Ivan. Mirza dan Tisa adalah murid teladan, mereka meraih posisi 1 dan 2 pararel di SMP tersebut. Mereka menjadi kebanggaan sekolah dan disukai banyak guru. Sedangkan Nizar dan Ivan adalah murid ternakal dan memiliki nilai terbawah di SMP tersebut. Lantaran nilai dan sikap mereka yang buruk, banyak guru dan murid yang tidak suka dengan mereka. Mereka akhirnya selalu mengejek dan berbuat hal yang buruk kepada Mirza dan Tisa. Dan mereka akan berulah lagi..

(bel masuk)

Trischa            : baiklah anak2 ibu akan membagikan raport uts kalian.. Mirza Muhammad? (menyerahkan)
Mirza   : iya bu.. (nerima)
Trischa            : selamat ya Mirza.. kamu mendapat peringkat 1 dikelas sekaligus peringkat 1 pararel.. pertahankan prestasimu ya
Mirza   : baik bu saya akan berusaha sebaik2nya
Trischa            : lalu Tisa selamat, walaupun hanya peringkat 2 tapi jangan sampai patah semangat ya. Terus lah belajar..
Tisa      : baik bu, akan saya usahakan
Trischa            : lalu Ivan... haah... lain kali belajar lah yang betul jangan sampai kalah dengan Mirza..
Ivan     : iya iya bu.. lain kali saya akan lebih belajar lagi..
Trischa            : kemudian Nizar.. lain kali kamu harus belajar lagi ya karena nilai kamu selalu dibawah rata2
Nizar    : haah.. itu hanya karena kurang beruntung aja.. santai aja bu..
Trischa            : jangan bersikap seperti itu, nilai kamu itu paling bawah sendiri di kelas kalau kamu tidak belajar bagaimana kamu dapat menyusul Mirza?
Nizar    : tch lagi2 Mirza..(memalingkan muka) apa hanya Mirza, murid yang ada di kelas, kok ibu selalu membicarakan dan membanding2kan saya dengan Mirza..bikin kesel aja..
Trischa            : ibu tidak membanding2kan kamu dengan Mirza, ibu hanya memotivasi kamu aja agar lebih giat belajar dan kamu seharusnya tidak berkata seperti itu dengan guru, tidak sopan
Nizar    : haaah... iya deh bu guru.. maaf telah berkata tidak sopan dengan ibuk.. habis saya kesal dengan Mirza yang terlalu sok pintar dan baik, selalu mengambil rangking 1,dan pamer
Trischa            :  udah udah ibu pusing dengerin kamu, yang terpenting kamu harus terus belajar dan kalau bisa tiru Mirza.. (menunjuk Mirza) kalau begitu, ibu mau pergi dulu ya, tolong tetap di kelas dan jangan sampai ramai. Ya sudah ibuk pergi dulu ya, assalamualaikum. (pergi)
All        : waalaikumsalam..  hati2 ya bu..
Nizar    : tch.. aku mulai benci dengan si Mirza itu, bikin kesel aja.. akan kukerjai dia.. hahaha

Ketika Mirza sedang berjalan, dengan sengaja Nizar menjegal dan mendorong Mirza sampai jatuh.

Mirza   : aduh sakit... (sakit, pegang lutut)
Nizar    : maaf maaf aku kagak sengaja hahaha.. (ngejek)
Tisa      : kamu gak apa Mirza?
Mirza   : tidak apa2 kok hanya ke gores aja
Tisa      : sakit ya?
Mirza   : tidak kok.. gak papa..
Nizar    : woy woy jangan pacaran disini, bikin enek ngeliatnya.. (memalingkan muka, ngejek)
Tisa      : siapa yang pacaran.. aku hanya membantu Mirza yang habis kamu dorong sampai jatuh tadi. (marah)
Nizar    : siapa yang mendorong? Aku kan tidak sengaja.. lagian salah Mirza ada didepanku..
Tisa      : kok malah nyalahin Mirza sih? Kamu yang salah!!
Mirza   : udah udah jangan bertengkar, mungkin memang aku yang agak ceroboh sampai aku jatuh segala.. hehe 
Nizar    : jangan sok baik deh.. bilang saja kamu marah sama aku.. ya kan?
Mirza   : aku gak marah kok karena ada hadits yang menerangkan bahwa orang yang kuat bukanlah orang yang bisa berkelahi tapi orang yang kuat adalah orang yang mampu menahan amarahnya.. maka dari itu, aku gak akan marah kok
Nizar    : jadi kamu pikir kamu kuat haaahh.. (mengangkat kerah baju Mirza) jangan karena kamu dapat rangking 1 dan disukai guru terus kamu dapat berlagak sok gitu, haahh..
Mirza   : aduh duh.. tolong lepaskan...
Tisa      : Nizar lepasin Mirza..

Lalu datanglah Ibu Trischa, yang kebetulan sedang lewat. Ia langsung melerai Mirza dan Nizar.

Trischa            : ada apa ini? Nizar lepasin Mirza sekarang... kamu ini apa2an sih.. (kerah baju di lepaskan)
Nizar    : ini bu, Mirza yang mulai.. dia tuh sok kuat dan mengejek aku pemarah..
Trischa            : benarkah itu Mirza?
Mirza   : tidak bu, saya tidak mengejek Nizar.. malahan Nizar yang tiba tiba mengangkat kerah saya ..
Tisa      : iya bu..  Nizar yang salah..
Trischa            : Niizaarrr.... sini kamu.. (mencubit,menjewer )
Trischa            : beraninya kamu bikin ulah dengan anak terpintar di sekolah, seharusnya kamu tahu dong, anak nakal sepertimu tidak boleh melukai anak seperti Mirza.. paham?
Mirza   : tapi bu ini curang kenapa selalu mirza yang dibela...
Trischa            : ibu tidak membela siapapun, hanya saja tindakanmu itu dilarang .. itu tidak baik... sebagai hukumannya sepulang sekolah kmu harus membersihkan toilet..
Nizar    : haah?? Tapi bu??
Trischa            : tidak ada tapi2an.. sepulang sekolah kamu dilarang pulang duluan atau ibuk akan lapor sama orang tua kamu.. sekarang bubar semua.. (lalu Trisca pergi)
Nizar    : alah.. semua gara2 kamu.. aku akan membalasmu lain kali.. tunggu saja.. (pergi semua)

Nizar pun semakin jengkel dengan Mirza, dan kemudian datanglah Ivan.

Ivan     : hey bro, emosi ajaa hahaha..(menepuk bahu)
Nizar    : bra bro bra bro... emang tombro.. jangan bikin ulah dulu, van.. sekarang aku lagi bad mood kalau kagak mau kuhajar mending diem..
Ivan     : tenang bro, tenang... aku disini malahan mau ngebantuin buat ngerjain si Mirza itu..
Nizar    : beneran nih? Gak bohong?
Ivan     : sumpah deh... lagian aku juga lagi kesel banget sama si tukang sok baik itu.. anak itu selalu mencuri perhatian guru2 dan apapun kesalahannya selalu dimaafkan sedangkan kita, bro.. boro boro dapat perhatian.. malah dapat hukuman, kan?
Nizar    : hahaha.. bener juga apa katamu.. mungkin kalau kita bersatu kita bisa menjatuhkan pamor si anak teladan itu... hehehe..
Ivan     : hehe.. bener banget dan aku punya ide.. akan kubisikkan rencananya....
Nizar    : oke oke...

Persengkongkolan antara dua murid ternakal akhirnya terbentuk antara Nizar dan Ivan. Mereka bersama-sama berusaha untuk membalas dendam kepada Mirza. Esok hari, Ivan berencana untuk membuat mirza mendapat nilai yang buruk dengan cara menyuruh Mirza untuk mengerjakan semua PR mereka berdua dengan bantuan Nizar.

Nizar    : woy Mirza..
Mirza   : a..ada apa Nizar... maaf soal yang kemarin... aku benar2 tidak bermaksud membuat kamu sampai dihukum seperti itu.. maaf ya..
Nizar    : maaf... maaf.. enak aja, nih kerjain pr ku.. (menyerahkan pr)
Mirza   : lho knapa kok aku yang mengerjakan??
Nizar    : karna kemaren aku gak sempet ngerjain gara2 dihukum Bu tris, dan nanti sore aku ada latihan basket jadi tolong kerjakan.. dan jangan sampai ketahuan guru, kalau ketahuan.. mati kau..
Mirza   : lho lho.. aku tidak mau zar.. kalau aku yang mengerjakan terus bagaimana dengan pr ku..
Nizar    : mau kuhajar...hah.. aku gak peduli dengan pr mu yang jelas besok pr ku harus sudah selesai. Titik.
Mirza   : bb..baikk.. nizar. Akan kukerjakan..

Nizar    : gimana bro tadi... hahaha
Ivan     : mantap kayak di sinetron2.. hahaha.. aku yakin dia pasti takut..
Nizar    : ya iya dong, gue.. dia pasti takut dengan kekuatan’Ku’..
Ivan     : bukan ‘ku’ tapi ‘kita’.. aku yang buat rencana. Dasar..

Hari berikutnya, Bu Trischa menilai dan membagikan hasil pr mereka.

Trischa            : mirza, tumben kamu dapat 70..
Mirza   : oh itu buk.. ka.karna kemaren aku bantuin ibukku jualan gorengan jadi aku kelelahan..
Trischa            : ooo.. ya sudah.. lain kali harus lebih baik dan usahakan kamu cukup istirahat.. oke
Mirza   : oo..okee buu..
Trischa            : dan untuk nizar.... nizar? Kamu 100?
Nizar    : benar buk? Yeeesss...!! akhirnya..
Trischa            : tapi ini bukan seperti tulisanmu biasanya.. ini seperti.. tulisannya mirza..
Nizar    : ndak mungkin bu.. saya kalau lagi serius memang begitu bu..
Tisa      : memangnya kamu belajar?
Nizar    : loh ya iya.. orang pintar itu harus selalu belajar... kemaren sepulang sekolah, aku langsung pulang dan belajar dengan giat.. kamu pasti gak belajar kan.. hahaha
Ivan     : betul itu.. saya juga ikut belajar dirumahnya nizar bu.. walau gak yakin dapet seratus sih..
Tisa      : oo.. langsung pulang.. bukannya kemaren kalian kumpul2 dan latihan basket.. soalnya kemaren aku sempet liat kalian berdua main basket di lapangan sekolah sekitar pukul 5 sore..
Nizar    : lo.. kamu bohong.. kemaren aku langsung pulang naik sepeda bareng ivan..
Tisa      : bukannya kamu tidak punya sepeda dan selalu naik sepeda motor...
Trischa            : kelihatannya semua yang kamu katakan itu bohong, nizar..dan itu berarti..yang mengerjakan pr mu itu mirza??
Nizar    : tidak buu..
Trischa            : jawab yang jujur... mirza.. apa kamu yang mengerjakan semua pr nya nizar
Mirza   : i..iya... buu.. kemariin.. nizar mengancam saya jadi saya kerjakan pr nya buu..
Trischa            : ooo jadi kamu mengancam mirza.. baiklah kalau begitu, kamu dan ivan ibu kasih nilai 0
N&I      : apa..??!! tapi buk!?!!
Trischa            :Tidak ada tapi tapian... sekarang ikut ibu ke ruang bk..
N&I      : awas kau, mirza... (menunjuk dg marah)

Keesokan hari, Ivan yang kesal dengan mirza, menyelinap ke kelas dan membuang tas milik Mirza

Ivan     : hehe.. akan kubuang tas nya ke tong sampah.. biar tahu rasa.. (ambil tas, buang, lari)
Mirza   : aduuh.. kemana tas ku ini... apa nizar yang mengambil.. ah jangan su’udzon dulu deh, lebih baik cari tas.. (mondar-mandir dan pergi)

Ketika Mirza pergi, Tisa datang dan menemukan tas mirza di dalam tong sampah

Tisa      : tas ini.. miliknya mirza... kok ada di tong sampah ?? ini pasti gara2 nizar.. (mengambil tas)
Trischa            : ada apa tisa..? tas siapa itu?
Tisa      : ini bu.. tas nya mirza dibuang nizar ke tong sampah..
Trischa            : apa..anak itu benar benar nakal... dimana nizar sekarang... (nizar datang)
Nizar    : uwaah.. ngantuknya (menguap)
Trischa            : ikut aku ke ruang bk.. sekarang..
Nizar    : apa? Salah saya apa bu??
Trischa            : kamu membuang tasnya mirza ke tong samapah jadi kamu akan ibu kasih hukuman..
Nizar    : hah? Buk, ini fitnah... saya gak salah bu..
Trischa            : tidak peduli, sekarang ayo ikut ibu.. (sambil menjewer dan keluar)


Nizar yang telah terlanjur emosi, ingin menghajar mirza sepulang sekolah. Ia memilih lokasi parkiran sepeda karena mirza selalu naik sepeda dan keadaan di sekitar tempat itu sepi.

Nizar    : bro ayo ikut aku..
Ivan     : ngapain zar.. kalau gak penting  aku gak ikut deh.. daa..
Nizar    : aku serius, ayo kita hajar mirza di parkiran sepeda.. aku sudah muak banget dengan anak itu..
Ivan     : wow.wow.. dihajar? Beneran masbroo..?? itu dilarang kan disekolah.. bisa2 orangtuamu dipanggil dan kamu bisa diskors lhoo..
Nizar    : peduli amat, aku sudah benar2 dendam dengan anak itu.. jik kau tidak mau ikut ya terserah aku gak akan memaksamu.. akan kuhabisi sendiri si mirza itu.
Ivan     : weiitt... gak boleh ngambil bagian enaknya sendirian broo... iya bro aku ikut
Nizar    : kalau begitu kita samperin dia sekarang... ayo..

 Sesampainya di lokasi, tanpa basa-basi, Nizar langsung memukuli Mirza

N&I      : woy za.. tunggu!!!
Mirza   : ada apa? (langsung d hajar tanpa ampun)
Nizar    : itu hadiah buat mu.. ayo kita pergi..
Ivan     : rasain.. hahahaha

Mirza yang telah babak belur tidak bisa berdiri dan akhirnya pingsan. Untungnya segera setelah Mirza pingsan, tisa lalu datang dan membawa mirza pergi ke rumah sakit dengan bantuan Bu Trischa. Mirza lalu menceritakan semua kejadian yang menimpanya ke Bu Trischa saat di rumah sakit. Bu Trischa lantas menghubungi orang tua Nizar agar datang ke ruangan BK SMP negeri 2 Jombang untuk membicarakan tentang masalah Nizar.
Esok pagi, di SMP negeri 2 Jombang, orang tua Nizar datang ke sekolah dengan angkuh dan seolah-olah sedang terburu-buru. Ia lantas pergi ke ruang BK menemui Bu Trischa.

Tari      : permisi..
Trischa            : silahkan masuk.. anda orang tua nya ananda nizar, benar?
Tari      : huh.. benar.. saya orang tua nya nizar.. ada keperluan apa dengan saya, soalnya saya masih banyak pekerjaan..
Trischa            : hm.. begini ibu.. kemarin.. ananda nizar, telah memukuli temannya saat sepulang sekolah sampai anak tersebut masuk rumah sakit.. jadi tolong, ibu beritahukan kepada nizar, untuk segera meminta maaf dan tidak mengulangi perbuatannya lagi..
Tari      : ooo.. hanya begitu saja.. saya kira ada apa.. anak itu memang tidak pernah mau diberitahu..
Trischa            : hm.. kalau boleh saran ya bu.. alangkah lebih baik jika saat ibu memberi tahu, ibu jangan memarahi nizar.. karena kondisi psikis nya nizar sedang tidak stabil, lebih baik ibu menasihati nya dengan kasih sayang
Tari      : maaf ya bu, bukan bermaksud tidak sopan.. nizar itu kan anak saya, terserah saya donk mau menasihatinya dengan cara bagaimana..
Trischa            : memang benar bu.. tapi menasihati dengan kasar hanya akan membuat nizar jadi lebih tidak terkontrol…
Tari      : ya.. kalau tidak terkontrol itu bukan salah saya dong, salah nya nizar sendiri..
Trischa            : itu salah bu, anak akan merespon tindakan yang diberikan orang tua kepada mereka, jadi setiap perkataan yang ibu katakan, akan berpengaruh kepada nizar, apalagi sekarang ananda nizar sedang dalam masa pubertas ..
Tari      : hm.. ya ya ya.. maaf ya bu, saya harus pergi, ada meeting dengan klien sejam lagi.. jadi maaf ya bu..
Trischa            : oh iya tidak apa2, tolong nasihati nizar ya bu..
Tari      : permisi..
Trischa            : pantas saja nizar berperilaku seperti itu… saya jadi kasihan dengan anak itu sendiri

Ketika di rumah, benar saja.. Nizar langsung dimarahi dan dipukul ibu nya lantaran ibunya malu dengan perbuatan yang telah merusak nama baiknya tersebut. Mulai saat itu, Nizar benar2 ingin membalaskan dendam nya. Ia pun membeli dan meramu racun ke dalam minuman dan agar tidak terlihat janggal, ia juga membeli minuman yang sama tanpa diberi racun untuk mengelabui mirza.
Keesokan hari nya, nizar bergegas mencari mirza untuk memberi minuman racun buatannya.

Nizar    : haha.. akan kuracuni mirza, aku sudah benar2 sudah tidak peduli lagi.. (menabrak tisa, tumpah)
Tisa      : maaf, aku tidak sengaja..
Nizar    : sialan kau.. bajuku jadi basah.. pergi kau… (tisa pergi)
Nizar    : akan kutaruh disini dulu….(mengeringkan baju dg tisu) Yosh..

Nizar segera menghapiri mirza yang sedang duduk sendirian.

Nizar    : mir..
Mirza   : apa zar.. ?
Nizar    : maaf ya kemaren aku memukuli kamu, aku khilaf.. sumpah maafin aku yo..
Mirza   : oo.. gak apa2, kalau kamu sudah minta maaf berarti kamu sudah mau mengakui kesalahanmu. Aku maafin kok.
Nizar    : oke lah... nih aku kasih minum sebagai tanda ucapan maaf.. terima ya..
Mirza   : waah.. makasih ya.. kan ada dua, gimana kalau minum nya sama2 biar akrab
Nizar    : hm.. oke ( minum bersama, keracunan)
Nizar    : aarkg.. uhuk uhuk.. aku pusing banget.. aakk (pingsan)
Mirza   : nizar nizar.. bangun nizar.. tolong.. tolong.. (trischa datang)

Minuman yang beracun ternyata diminum Nizar sendiri, nizar yang langsung pingsan segera di bawa ke rumah sakit.

Nizar    : dimana ini?
Mirza   : kamu di rumah sakit.. tadi pas waktu kamu pingsan.. ibu trischa dateng dan cepat2 bawa kamu ke rumah sakit.. temen2 juga bantu..
Nizar    : ooo.. jadi rencanaku gagal lagi ya..
Mirza   : rencana? Rencana apa maksutnya..
Nizar    : aku tadi meracuni minumanmu.. eh yang ada racun nya malah ku minum sendiri.. bodoh banget ya aku.. hehehe
Mirza   : jadi kamu tadi baik sama aku cuma ingin meracuni aku.. kenapa kamu benar2 ingin mencelakai aku zar.. padahal kita temen satu kelas..
Nizar    : aku sebenarnya gak tau juga.. aku hanya ingin membalas mu saja lantaran kamu selalu dapet perhatian... aku gak pernah diperhatikan, bahkan ibukku saja jarang banget..
Mirza   : jadi itu alasanmu dendam sama aku..
Nizar    : iya mir.. kali ini jujur aku benar2 jujur.. mir aku minta maaf ya.. walaupun aku yakin kamu pasti gak bakal maafin aku.. kamu boleh kok marah, emang aku yang salah..
Mirza   : gak kok zar.. aku gak marah..
Nizar    : kenapa setiap aku berbuat kesalahan kamu gak pernah marah ,mir..
Mirza   : karna ada hadits nabi yang berbunyi “ Dan orang2 yang menahan amarah dan memaafkan kesalahan orang lain,  Allah subhanahu wa ta’ala menyukai orang2 yang berbuat kebajikan.” Oleh karena itu apapun kesalahan orang lain, kita harus memaafkan nya dan jangan sampai kita dendam dengan orang tersebut karena perbuatan itu dibenci Allah swt. Kamu paham kan sekarang?
Nizar    : haah.. ya aku paham.. terima kasih ya mirza, mulai hari ini aku akan merubah sikapku dan jadi lebih baik lagi..
Mirza   : naah.. gitu dong.. semanagat biar cepet sembuh..

Semenjak saat itu, Nizar yang awalnya bersikap pemarah dan pendendam mulai berubah menjadi anak yang baik. Ia menjadi anak yang rajin yang akhirnya membuat banyak guru dan teman2 yang suka dengannya, sementara Ivan di pondokkan oleh orang tuanya di Ponpes Jombang. Dengan demikian cerita ini berakhir.


TAMAT

Owner: M. Nizar Ainur Rouf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar